• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 0231-242921
  • SMS/WA: 081313800533
  • hello.grandkom@gmail.com
Terpopuler:

Tips merawat SSD supaya tetap optimal

15 February 2021 - Kategori Blog

Kalo kamu udah beralih ke SSD, pastinya kamu harus tau beberapa cara untuk menjaga SSD kamu supaya tetep berjalan dengan optimal.

Sejatinya SSD terdiri dari beberapa buah chip yang saling terkoneksi, yang disebut NAND CELL, sejak di kembangkannya SSD sudah ada beberapa jenis tipe CELL, yaitu SLC, MLC, TLC dan QLC. untuk penjelasan seputar teknologi ini akan kita bahas di artikel lain.

Sekarang kita tau ternyata didalam SSD ini ada komponen yang harus kita jaga supaya bisa optimal. ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya SSD ini bisa tetep berjalan seperti seharusnya.

  1. Dilarang Defrag SSD.

    Saat kamu menggunakan Harddisk, mungkin kamu pernah mendengar istilah ini, Defrag. Ya Istilah ini sering kali digunakan untuk mengoptimalkan kinerja HDD, tapi tidak untuk SSD. untuk lebih jelasnya kita harus tau dulu Defrag itu apa ? Defragmentation atau lebih kita kenal dengan Defrag adalah suatu cara untuk membuat HDD mengalokasikan data yang terpecah di tempat yang berbeda disatukan di tempat yang sama. Untuk lebih gampangnya. pernah ngga kamu buka sebuah folder akan tetapi saat dibuka loadingnya lama sekali. itu mungkin belum di Defrag. Nah defrag ini akan mencari beberapa potongan data dan disatukan pada sector tertentu sehingga pada saat data ini dipanggil maka HDD tidak lama mencari potongan data tersebut karena sudah berada pada tempat yang sama atau berdekatan.
    Untuk SSD cara ini tidak bisa dilakukan. kenapa tidak boleh ? di artikel sebelumnya kita sudah tau bahwa umur SSD itu berdasarkan TBW atau Terabyte Write, yaitu batas total ssd dalam menulisan data. Saat kita akan melakukan Defrag terhadap SSD maka setiap Cell akan membaca dan menulis ulang untuk merapihkan data. dan proses ini terhitung oleh TBW. ini menimbulkan umur SSD menjadi lebih pendek apabila sering melakukan Defrag.
  2. Kapasitas RAM diperbesar.
    Ketika OS menjalankan aplikasi atau dirinya sendiri yang memerlukan RAM lumayan besar, OS akan memanfaatkan sebagian kapasitas storage untuk menambah kapasitasnya. Biasa kita menyebutnya sebagai swap file atau page file.
    Nah, jika RAM laptop atau PC anda sudah cukup, maka kebutuhan untuk menggunakan swap file ini akan lebih sedikit. Alhasil, OS tidak akan memaksa membaca dan menulis ke SSD. Dengan begitu, SSD akan lebih awet.
  3. Gunakan OS terbaru.
    Ini mungkin akan berkaitan dengan point berikutnya. OS yang terbaru biasanya lebih mendukung untuk optimasi SSD sedangkannya untuk OS yang lama seperti Windows Vista, Windows XP, MAC OS X dibawah 9.xx maupun Linux Kernel dibawah 2.5.xx tidak mengoptimalisasi kinerja dari SSD ini sehingga kurang maksimal
  4. Jangan Sembarang Kloning.

    Kloning atau Menduplikasi, istilah ini merujuk pada OS yang akan kita duplikasi. Biasanya untuk migrasi dari HDD ke SSD tanpa Install ulang Windows yaitu dengan cara Kloning. Yup bisa berhasil, tapi jangan salah untuk menggunakan Software Kloning ini. penggunaan Software yang kurang tepat akan membuat umur SSD semakin singkat
  5. Aktifkan TRIM.

    TRIM itu apa sih? TRIM adalah fitur pada SSD yang akan memberitahu OS blok mana yang dianggap tidak digunakan dan menghapus data tersisa secara internal sehingga SSD bisa bekerja dengan optimal per ruang disk. Secara Otomatis TRIM bekerja pada OS Windows 7 maupun Windows 10, Mac OS X 10, maupun Linux Kernel 2.6.xx keatas. Jadi kita tidak usah mengatur fitur ini.
  6. Sisakan ruang kosong yang cukup.

    Seperti juga pada hard disk konvensional, usia dan kinerja SSD akan lebih baik jika setidaknya tersedia 10 sampai 20% space kosong. Ruang kosong ini akan membantu meratakan algoritma agar distribusi data di modul NAND seimbang. Semakin sedikit kapasitas ruang kosong, akan membuat kinerja SSD lebih keras dan akan memperpendek usia pakainya.
  7. Pasang OS pada SSD, Simpan Data di Hard Disk Konvensional.
    Ada beberapa komputer maupun laptop yang menggunakan metode Dual Storage. yaitu memasang SSD dan HDD pada device yang sama. SSD digunakan untuk OS sedangkan HDD untuk menyimpan data. Untuk hal tersebut tidak masalah, penggunakan read-write data di HDD tidak akan memakai TBW dari SSD sehingga umur SSD tidak cepat berakhir
  8. Optimasi OS Untuk Penggunaan SSD yang Lebih Baik.
    Apa saja yang harus dioptimasi di OS supaya SSD lebih awet dan tetap optimal kinerjanya?

    • matikan fitur paging file di SSD dan pindahkan ke hard disk konvensional
    • matikan Search Indexing
    • matikan superfetch, prefetch, ReadyBoost, ReadyDrive
    • pindahkan default tempat temporary files dan cache ke hard disk

    Semenakutkan itukah? Tidak juga. Pada OS terbaru, dukungan terhadap SSD sudah bisa dikatakan sangat baik, sehingga anda tidak perlu melakukan tweaking terlalu dalam. Kecuali mungkin disiplin untuk tidak menyimpan file berukuran besar ke SSD itu saja

Penasaran dengan kinerja SSD di laptop atau komputer anda ? yuk upgrade ke SSD untuk mendapatkan kecepatan dalam mengakses data yang anda simpan. Upgrade nya bisa di Grand Komputer kok

 

Alamat Kami:
Jl. Panjunan No.66, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
Telepon: (0231) – 242921
Hari, 081313800533 (WA)
Lia, 081284551588 (WA)
Email : hello.grandkom@gmail.com

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp