• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 0231-242921
  • SMS/WA: 081313800533
  • hello.grandkom@gmail.com
Terpopuler:

Tips Memilih UPS sesuai kebutuhan

20 February 2021 - Kategori Blog

Sering kita alami entah berapa kali, kita sering mengalami blackout atau mati listrik. mungkin sebagian kesal karena komputer yang kita pakai tiba tiba mati dan data yang sedang di olah menghilang. karena data ini tersimpan di RAM dan RAM membutuhkan suplai listrik untuk menyimpan data. Jika RAM terputus sedetik saja, data yang tersimpan didalam RAM akan hilang dan data data yang kita kerjakan juga akan hilang.

Mungkin di sebagian perusahaan punya backup listrik seperti generator atau genset. hal ini masih membutuhkan beberapa menit untuk switching dari listrik PLN ke Backup Listrik tersebut. dan komputer tetap saja mati terlebih dahulu

komputer yang banyak mengalami mati listrik seketika akan mendapatkan efek samping seperti ada data yang hilang karena belum sempat di save, dan sampai komponen komputernya jadi rusak gara gara keseringan mati listrik mendadak. Tetapi apabila kamu membeli komponen yang kurang tepat, mungkin hanya 1 kali mati listrik saja akan membuat komponen komputer kamu mati. Biasanya Harddisk, Mainboard, atau Power Supply yang sering mengalami kerusakan dikarenakan black out ini.

Ada banyak gangguan listrik, blackout hanya salah satunya saja. ada gangguan voltase seperti surge, burnout, dan lain lain, lalu ada juga gangguan frekuensi seperti noise, frekuensi variance, harmonic distortion dan sebagainya. Dan dari beberapa masalah diatas hanya blackout yang bisa diatasi oleh penggunaan UPS

UPS atau Uninterruptible Power Supply adalah perangkat backup daya listrik yang menggunakan batrei untuk alat alat listrik terutama komputer, jadi saat terjadi mati listrik, maka ada backup daya dari UPS untuk komputer sehingga komputer tidak seketika mati.

ada 3 jenis UPS yang punya fungsi berbeda beda

  1. Offline/Standby UPS

    Fungsi utamanya hanya sebagai backup daya saja yang diperoleh dari batrei. disaat listrik sedang normal, jalur AC dari PLN akan terbagi menjadi 2, jalur yang pertama disalurkan ke batre yaitu dengan mengubah listrik AC menjadi DC menggunakan Rectifier untuk mengisi daya batrei. Dan Jalur yang kedua langsung menuju perangkat komputer. Dalam Mode ini batrei sama sekali tidak digunakan, hanya di charge saja. dan disini hampir tidak ada mekanisme perlindungan sama sekali dari UPS ke Komputer.
    Begitu terjadi mati listrik, transfer switch akan terputus dan mengaktifkan batrei selanjutnya Inverter akan mengubah arus listrik DC dari batrei menjadi AC untuk di teruskan ke komputer. Proses peralihan ini sekitar 7-8 ms.
    UPS ini cocok untuk pengguna rumahan dengan daya rendah kurang dari 1000W
  2. Line Interactive UPS

    Tipe ini punya perlindungan yang lebih dibandingkan tipe Offline UPS. Jadi kalau ada naik dan turunnya voltase ada mekanisme perlindungannya walupun tidak 100%, cara kerjanya sedikit berbeda dari tipe sebelumnya. Pada tipe sebelumnya, batrei tidak akan bekerja jika kondisi normal dan baru bekerja saat terjadi mati listrik, pada tipe ini saat listrik sedang normalpun daya dari batre akan tetap disalurkan ke komputer. jadi 2 jalur untuk AC dan Batre keluarannya tetap sama untuk mensupplai komputer bahkan disaat listrik normal.
    Dengan diaktifkannya batrei ini, sebagian gangguan listrik akan disaring oleh batre, jadi bisa dikatakan, sebagian listriknya tidak terlindungi, sebagian lagi terlindungi oleh batrei. Begitu terjadi blackout, transfer switch akan memutus jalur AC yang langsung ke komputer dan mengaktifkan batrei, dan karena batrei ini sudah diaktifkan sebelumnya proses peralihan ini lumayan singkat yaitu hanya 4-6 ms saja.
    UPS jenis ini harganya lebih mahal dari jenis sebelumnya tapi tipe ini adalah yang paling ideal
  3. Online Double Convertion UPS

    UPS jenis ini tidak menggunakan transfer switch lagi. Saat Listrik PLN sedang normal, listrik AC akan diubah oleh menjadi DC oleh Rectifier lalu diarahkan ke Inverter DC untuk mengisi daya batrei, dan langsung kembali lagi ke Inverter dari DC batrei menjadi AC dan akan di teruskan ke komputer. Singkatnya supplai listrik dari komputer dipegang sepenuhnya oleh batrei walaupun saat kondisi listrik sedang normal sekalipun. Karena model inilah UPS tidak membutuhkan jeda waktu untuk beralih ke batre saat terjadi blackout, dan karena ini pula UPS menjadi 100% perlindungan gangguan listrik terhadap komputer, karena semua supplai listrik ke komputer di handle sepenuhnya oleh batrei.
    UPS jenis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai backup daya di Data Server kelas berat, tetapi untuk harganya memang tinggi

Didalam UPS juga terdapat istilah AVR atau Automatic Voltage Regulation yang beda pada tipe Line Interactive UPS, tugasnya adalah menstabilkan listrik AC dari PLN dan menahannya di angka 120V.

Nah saat tegangan yang masuk kurang dari 120V, maka UPS akan otomatis beralih ke mode batrei dan inverter akan diaktifkan agar semua supplai listrik akan dihandle oleh batre sampai voltase kembali normal

Saat akan membeli UPS, ada beberapa keterangan yang harus kamu ketahui

  1. Kapasitas UPS

    Kapasitas adalah berapa Watt yang kamu butuhkan. Sayangnya kapasitas yang tertulis di UPS bukan dalam satuan Watt, tetapi VA atau Volt Ampere dan ini tidak sama dengan Watt. Perhitungan antara Watt dan UPS juga berbeda tergantung tingkat Efisiensi dari UPS itu sendiri dan tiap tiap UPS punya Efisiensi yang berbeda beda. Secara general efisiensi UPS dikisaran antara 0,6, maka apabila kapasitas UPS 750VA maka 750 x 0,6 yaitu 450Watt jadi UPS 750 VA setara dengan 450W.
  2. Runtime UPS
    Runtime adalah berapa lama UPS bisa bertahan saat terjadi mati listrik, dalam penentuan berapa lama waktu yang dibutuhkan ini tidak ada rumus baku yang bisa di gunakan. Karena ini tergantung bukan dari kapasitas UPS saja, tetapi dari Block Batrei yaitu berapa banyak batrei yang terpasang

Jadi sudah paham bagaimana kebutuhan UPS yang kamu mau. Untuk kebutuhan UPS kamu, Grand Komputer siap menyediakan perangkat tersebut.

 

Alamat Kami:
Jl. Panjunan No.66, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
Telepon: (0231) – 242921
Hari, 081313800533 (WA)
Lia, 081284551588 (WA)
Email : hello.grandkom@gmail.com

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp