• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 0231-242921
  • SMS/WA: 081313800533
  • hello.grandkom@gmail.com
Terpopuler:

Hal yang perlu anda ketahui tentang RAM

15 February 2021 - Kategori Blog

RAM atau Random Access Memory adalah Memori sementara yang disediakan untuk memproses data yang dilakukan oleh CPU/Processor. Memori ini bersifat volatite yaitu akan menyimpan data saat diberi tegangan atau suplai listrik, ketika suplai listrik di putus, maka data dalam RAM akan hilang.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin anda perlu ketahui tentang RAM :

  1. Memiliki Socket yang berbeda-beda

    Sampai saat ini, RAM memiliki 4 socket yang berbeda beda di tiap generasi. Ada Socket DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Perbedaan antara tipe DDR lainnya adalah terdapat perbedaan Key Pin pada Socket RAM. RAM DDR3 tidak akan bisa dipasang di Mainboard dengan Socket DDR4 begitu pula sebaliknnya.
  2. Berperan penting saat Multitasking

    Seperti yang sudah di terangkan di atas, RAM menyimpan memori sementara dari data yang di proses. semakin besar kapasitas RAM semakin besar pula penyimpanan data sementara ini, sehingga bisa digunakan untuk Multitasking. Jauh lebih dalam Multitasking menggabungkan fitur Core maupun Thread yang ada di processor dengan RAM. jika kondisi terpenuhi maka Multitasking akan berjalan, jika tidak maka program akan di jalankan bergantian, menunggu program yang lebih dulu berhenti untuk menjalankan program setelahnya.
  3. Penyimpanan Memori sementara
    Selanjutnya, fungsi RAM yang perlu untuk kamu ketahui adalah sebagai penyimpan memori sementara. Fungsi ini merupakan fungsi RAM yang paling utama. Proses pengolahan informasi ini sangatlah cepat. Bahkan dapat dilakukan dalam waktu hitungan detik. Namun, tentu saja ini tergantung pada ukuran RAM dan kecepatan RAM yang kamu gunakan. Semakin besar kapasitas RAM dan Kecepatan Clock-nya, semakin cepat pula proses penyimpanan memori dalam sebuah komputer.
  4. Berperan vital dalam Gaming dan Desain

    Sering kali dalam spesifikasi Laptop maupun PC gaming, terdapat kapasitas RAM yang besar ? mengapa hal itu perlu ? Aplikasi Game umumnya menjalankan beberapa proses di latar belakang, beberapa aplikasi ini mengkonsumsi kapasitas RAM, RAM yang tidak terlalu besar akan membuat beberapa Aplikasi ini tidak bekerja sehingga terjadi Lag maupun patah patah karena prosesnya tidak di penuhi. Dan RAM ini sangat krusial dalam bermain Game, seperti game AAA, Shooter, Adventure, maupun Story yang membutuhkan RAM yang cukup.
    RAM juga sangat di perlukan oleh Desainer 3D maupun Digital. seringkali Aplikasi Editing membutuhkan RAM yang besar supaya aplikasi tersebut berjalan optimal.

Untuk melihat kapasitas RAM yang tertera di laptop Anda, di OS Windows bisa menggunakan cara berikut

  1. Klik Kanan “This PC”
  2. Pilih Properties
  3. Maka akan muncul Window System
  4. Kapasitas RAM akan muncul di keterangan Installed Memory (RAM) dengan Satuan GB

Bagi kamu yang ingin mengupgrade RAM di Laptop maupun Komputer, kamu bisa kunjungi kami Grand Komputer, kami akan senantiasa membantu keluhan anda.

 

Alamat Kami:
Jl. Panjunan No.66, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
Telepon: (0231) – 242921
Hari, 081313800533 (WA)
Lia, 081284551588 (WA)
Email : hello.grandkom@gmail.com

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp