• Jam Buka Toko: 09.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 0231-242921
  • SMS/WA: 081313800533
  • hello.grandkom@gmail.com
Terpopuler:

8 Tips memilih mainboard PC

16 February 2021 - Kategori Blog

Mainboard adalah salah satu perangkat wajib di PC, dikarenakan semua periperal akan terhubung kedalam mainboard. Hal ini menjadi penting karena Mainboard yang handal akan dapat menangani periperal tersebut.

Tapi bagaimana kita tau apakah mainboard tersebut handal atau tidak ? Berikut ini tips memilih mainboard PC yang handal :

  1. Range Harga
    Dalam siklus penjualan mainboard, terdapat mainboard murah maupun mainboard mahal.  Tapi kamu jangan langsung pilih mainboard mahal itu bagus buat kamu. Semua mainboard dengan chipset yang sama tetapi berbeda harga mempunyai performa yang sama. Maka dari itu pilihlah Mainboard dengan Range Harga tidak terlalu murah maupun tidak terlalu mahal. Itu semua tergantung kebutuhan yang kamu mau.
  2. Socket Processor

    Di tiap tiap mainboard ada Socket Processor, pastikan Socket mainboard kamu sama dengan Socket Processor yang kamu punya. Karena jika salah membeli, kamu akan dihadapkan dua pilihan, beli processor yang pas dengan mainboard, atau beli mainboard baru yang cocok dengan processor.
    Socket Processor Intel meliputi LGA775, LGA1155, LGA1150, LGA1156, LGA1151, LGA1200. Sedangkan untuk Socket Processor AMD meliputi FM1, FM2, FM2+, AM3, AM3+, AM4
  3. Chipset Mainboard dan Over Clock
    Chipset bisa dibilang sebagai Co-Processor, atau Wakil dari Processor. Chipset sangat penting dalam peningkatan performa Processor. Chipset seri H atau A bisa dianggap entry-level, sedangkan seri B dan X untuk mid-high mainboard, sedangkan untuk seri Z lebih di peruntukan kepada market Gaming Device.
    Fitur Over clock juga tidak semuanya ada di mainboard, untuk seri entry-level saja mungkin settingan over clocknya tidak selengkap seri gaming. Jadi pilih baik baik segment mana yang kamu pilih.
  4. Cooling System

    Cooling di sini merujuk pada Cooling yang terpasang di VRM, biasanya ini terpasang di Mainboard mid-high maupun gaming. karena fitur overclock yang tersedia sehingga apabila tidak ada nya Cooling pada VRM maka dapat merusak komponen
  5. Form Factor

    Ukuran mainboard itu penting, kamu dihadapkan dengan beberapa ukuran mainboard seperti ATX, Mini ATX, dan Micro-ATX. Ukuran ini harus di sesuaikan dengan opsi yang kamu punya seperti expansi slot maupun ukuran casing.
  6. Adanya Socker M.2

    Untuk opsi ini ada hubungannya dengan SSD, jadi ada beberapa mainboard yang menyediakan Socket ini maupun tidak, maka dari itu kamu harus lebih memperhatikan jika kamu ingin memasang M.2 SSD pastikan di mainboard kamu tersedia socketnya.
  7. SATA Port cukup

    Sama halnya dengan Socket M.2, SATA port juga ada hubungannya dengan expansi penyimpanan, jika kamu mau pasang 3 buah HDD di PC kamu, kamu pastinya memerlukan SATA port yang cukup
  8. USB Port cukup
    USB port diperuntukan untuk flexibilitas transfer data maupun penambahan perangkat universal seperi Mouse, Keyboard, Mousepad RGB dan sebagainya.

Jadi pastikan kalian memilih mainboard dengan kebutuhan dan bugdet kalian ya, Grand Komputer menyediakan beberapa pilihan Mainboard apabila kamu mau coba upgrade atau rakit PC impian kamu.

 

Alamat Kami:
Jl. Panjunan No.66, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
Telepon: (0231) – 242921
Hari, 081313800533 (WA)
Lia, 081284551588 (WA)
Email : hello.grandkom@gmail.com

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp